skript kiri

Selamat Datang Di Blog Sederhanaku, Kritik Yang Membantu / untuk kemajuan blog sangat di harapkan

cari di blog ini

Saturday 9 April 2011

BACKUP, CLONING, RECOVER PARTISI HARDISK DENGAN GHOST

sebenarnya ini buat saya belajar juga sehingga saya posting disini agar saya tidak lupa di samping itu ada teman yang membutuhkan untuk belajar... apa salahnya belajar??? ga ada kan?? apalagi kita membantu orang yang sedang membutuhkan dapat pahala kan kita hehehe... buat penulis asli semoga terus berkarya dan bisa terus berbagi untuk pengetahuan... pengetahuan juga jadi salah satu amal yang tak akan putus bagi pembuat/ penulis tersebut :)


Sering terkena Virus?
Sering Kehilangan Data?
Sering harus Backup File Karena Re-Install Windows?
Punya komputer banyak repot install-nya?
Mau Install windows XP dan semua program hanya dalam 10 menit?
NAH UNTUK MASALAH SPT DIATAS Penulis punya Trik jitu yang bisa mewujudkannya, dengan Symantec GHOST.
Terlepas dari legal atau tidaknya hal ini(saya sendiri juga tidak tahu) saya pernah menginstall 40 unit computer di suatu kantor hanya dalam waktu 5 jam, itupun sudah berikut semua software pendukungnya spt Office.Acrobat, Winamp, dll yang totalnya mencapai 30-an program (banyakan Game).
Langsung Aja kita Praktek ah…biar ga kelamaan.
sebagai contoh:

Kita terpaksa harus sering2 install windows karena sering terkena virus, nah setiap kali instal setidaknya membutuhkan waktu -+ 1 jam (baru windows-nya aja) belum lagi Driver hardware dan software yang sering kita gunakan. Dengan menggunakan GHOST semua itu bisa kita lakukan hanya dalam waktu 10-20 menit(all in one).
langkah2nya:

  1. Anda harus mempunyai cd bootable untuk mengakses program GHOST selain program ghost-nya sendiri. anda bisa membuat sendiri CD tersebut Via Symantec Ghost(anda harus menginstall Symantec Ghost terlebih dahulu) dan ikuti langkah2nya, atau anda bisa mendownload CD Buatan saya..………… disini…………... Jika anda menggunakan CD buatan saya maka anda tidak perlu mempunyai program Symantec Ghost karena semua sudah ter-Bundle menjadi satu dalam CD. Download lalu extract file NRgost.RAR lalu burning dengan NERO kedalam CD. Sewaktu mem-Burning gunakan Opsi “BURN IMAGE TO DISK”. setelah selesai burning kini anda punya CD yang bisa mem-boot komputer via DOS untuk memanggil program GHOST(sementara simpan dulu CD-nya).
  2. (Jika anda yakin bahwa komputer anda sudah bersih dari segala macam Virus, abaikan point ini & langsung Ke point ketiga). Instal ulang WINDOWS anda secara manual, lalu instal semua program pendukung yang anda butuhkan(jangan lupa Back-up dulu semua data yang menurut anda penting). Gunakan multi partisi waktu menginstall windows, Pisahkan partisi system dan data (system harus di C untuk bisa RECOVER menggunakan GHOST).
  3. Setelah anda yakin System anda CLEAN dan semua Driver hardware & program pendukung sudah terinstall, tempatkan semua data anda di partisi D, lalu pindahkan pointing penyimpanan My documents ke partisi d (baca memindahkan default penyimpanan “My Documents”)
  4. Restart Komputer & Boot menggunakan CD yang tadi sudah dibuat
    pilih Start computer with cd room support
  5. Setelah keluar A:> panggil cd anda dengan mengetikkan huruf kandarnya diikuti dengan tanda “:” lalu enter (Contoh F:)
  6. setelah memasuki direktori cd (gunakan perintah Dir untuk memastikan, jika setelah di DIR telihat file Ghost.exe berarti anda ditempat yang benar, jika tidak ulangi langkah diatas dengan mengetikkan kandar yang lain (semisal E:)
    Ketik perintah GHOST.exe
  7. setelah layar berubah menjadi biru( tampilan Symantec Ghost) tekan OK dengan menggunakan ENTER
  8. dengan menggunakan tombol navigasi keyboard pilih LOCAL – PARTISI – TO IMAGE
  9. pilih source partisi yang akan direcover lalu enter
    ketikkan nama file ( contoh XPLengkap) lalu browsing target tempat penyimpanan file recover yang anda buat dengan menggunakan tombol TAB dan Navigasi [contoh 1:1 DISK1(maksudnya Partisi D)] tekan enter
  10. Setelah ada konfirmasi pembuatan image gunakan tombol navigasi untuk memindahkan dari default cancel ke create lalu tekan enter
    tunggu sampai Ghost selesai membuat Image
  11. setelah selesai keluarkan cd dari drive lalu tekan CTRL-ALT-DEL untuk restart
  12. untuk mengunakan file recover/ merecover partisi c langkah langkahnya sama seperti diatas hanya saja Opsinya LOCAL-PARTISI-FROM IMAGE. setelah direcover maka windows anda jadi baru lagi walaupun sebelumnya banyak yang corrupt karena virus atw yang lain-lain
semoga bermanfaat

artikel asli dari :  http://srpkuncoro.wordpress.com/2009/03/22/backup-cloning-recover-partisi-hardisk-dengan-ghost/

No comments:

Post a Comment

like my blog